Wednesday 13 June 2012

CARA MENCETAK LIST CORNICE / GYPSUM

Baru sempat posting lagi nich..... Maklum lagi banyak proyek, jadi sering keluar untuk mengawasi pekerjaan tukang...
Pada kesempatan ini, saya ingin membuat postingan cara membuat list cornice/gypsum disertai dengan gambar. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan ke blogger yang membacanya.

Langsung aja kita cekibrot...........

1. Pertama-tama siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat list gypsum, yaitu Papan Cetakan, Casting, Roping, Ember berisi air (jika bisa air sumur), Semen Putih, Minyak Goreng (baru), Kuas, Tali, dan sedikit kesabaran :)









2. Selanjutnya campurkan Casting ke dalam ember yang berisi air tersebut (1). Usahakan saat pencampuran, jumlah air dan casting diusahakan seimbang agar hasilnya tidak terlalu cair. Untuk mempercepat keringnya list, tambahkan sedikit semen putih (2). Selanjutnya campuran tersebut diaduk rata (3). Hasil adukan inilah yang akan digunakan untuk mencetak list cornice/gypsum.











3. Setelah adukan jadi, siapkan papan cetakan list. Selanjutnya, lumuri papan cetakan dengan minyak goreng sebagai pelumas. Tujuannya adalah agar saat list yang kering lebih mudah diangkat. Untuk pelumas, dapat diganti dengan solar atau oli. Tapi karena lebih mudah didapat dan hasil cetakan lebih bersih, maka kami menggunakan minyak goreng sebagai alternatif pelumas.















4. Selanjutnya, adukan kemudian dituangkan ke papan cetakan sedikit demi sedikit (1,2). Setelah dituangkan secara merata, mulai perapihan adukan pada papan cetakan (3).














5. Setelah adukan sudah rapi, tambahkan Roping,  yang berfungsi sebagai "tulang", diatas adukan tadi (1). Usahakan agar setiap bagian dari adukan pada cetakan diberi Roping dengan tujuan agar list tidak mudah patah saat dibawa atau diangkat. Lalu, Roping ditutup dengan adukan baru dan rapikan adukan tersebut (2,3). Pada ujung list, tambahkan tali sebagai gantungan (4). Fungsinya agar list yang sudah jadi tidak bengkok saat dikeringkan atau disimpan.




6. Lalu list dirapihkan kembali sampai benar-benar rata (1). Kemudian, rapihkan pinggiran list dengan membuang pinggiran list yang tidak terpakai dengan kape (2,3). Setelah pinggiran list sudah bersih dan sudah rapi (4), diamkan beberapa saat sebelum diangkat.









7. Setelah didiamkan beberapa saat (sekitar kurang lebih 10 menit), list sudah bisa diangkat. Sewaktu mengangkat list dari papan cetakan, usahakan agar memulai dari pinggiran list agar tidak bengkok atau patah 1,2,3,4). List yang sudah diangkat kemudian digantung untuk dikeringkan.










NB : Kami menawarkan kepada pihak yang tertarik belajar membuat list cornice/gypsum secara langsung. Yang berminat, dapat menghubungi pihak kami :
02187784113 (Toko)  / 081381402775 (Tikno) / 081381604328 (Pak Ifan)














21 comments:

  1. boleh tanya pak, berapa harga cetakan/matrasnya, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Sebelumnya terima kasih pak iwan mau membuka blog kami. Harga cetakan tergantung ukuran lebarnya pak. Kisarannya antara 400rb s/d 750rb. Kalo bapak berminat bs hubungi kami di 081381604328 (Pak Ifan). thx

    ReplyDelete
  3. Maaf, bapak tinggal dimana? Saya minat mau beli cetakan?

    ReplyDelete
  4. @Tirai: Bapak bisa langsung ke toko kami di Jalan Tanah Merdeka No. 10 RT. 002/005 Susukan Ciracas Jaktim (samping rumah sakit Harapan Bunda) atau workshop kami di Jln. Kp. Kramat No. 24 RT. 07/04 Setu Cipayung Jaktim. Atau dapat menghubungi Mas Tikno di 081381402775. Thx

    ReplyDelete
  5. saya lagi cari matras cetakan list gypsum, di bandung ada cabangnya gak pak ? kalo ada alamatnya dimana ??

    ReplyDelete
  6. Kalau belajar membuat list gypsum sama list plang grc berapa ya pak?

    ReplyDelete
  7. @firman hamdi : Untuk biaya belajar cetak coba langsung hubungi yang akan ngajarin, yaitu Mas Tikno di No. 081381402775. Trims

    ReplyDelete
  8. Bisa jadi peluang usaha,semoga bermanfaat!trmks

    ReplyDelete
  9. Bisa jadi peluang usaha,semoga bermanfaat!trmks

    ReplyDelete
  10. Halo pak, saya mau tanyak, casting itu bahan apa ya...? Dan fungsinya? Jika tidak pakai casting apa pengaruhnya nanti pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungan ke blog kami. Casting itu bahan dasar pembuat lis gypsum, bentuknya seperti tepung putih. Banyak dijual di pasaran. Jadi kalo tanpa casting yah hasilnya kurang bagus. Kami pakai casting merk Indal.

      Delete
  11. Buat cetak list, untuk hasil bagus yang mana antara casting dengn cornis

    ReplyDelete
  12. Buat cetak list, untuk hasil bagus yang mana antara casting dengn cornis

    ReplyDelete
  13. wah keren jadi tambah pengetahuan.. berarti bisa buat cetakan vas bunga dati casting juga ya pak.. untuk supaya mudah di buka di olesi minyak goreng ya

    ReplyDelete
  14. Mas kalau hasilnya bolong-bolong solusinya gimana?

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete