Pages

Sabtu, 30 Maret 2013

CARA PEMASANGAN LIST GYPSUM

Saat ini banyak plafond rumah yang sudah menggunakan list gypsum sebagai aksesoris. Selain gampang didapat dan harganya terjangkau, juga lebih rapi dan memasang list tersebut.
Dalam tulisan ini, kami akan menguraikan cara-cara memasang list gypsum disertai dengan gambar (maaf jika  gambarnya agak jelek, maklum amatiran heheheh) :


Langkah Pertama :
Ukur panjang area yang ingin dipasang list. Pastikan ukurannya tepat karena jika meleset beberapa centimeter aja bisa berpengaruh pada saat pemasangan list yang lain (terutama bagian sambungan pojok).











Langkah Kedua :
Setelah itu, potong list yang akan dipasang sesuai dengan ukuran tadi dengan menggunakan cutter atau gergaji besi.











Langkah Ketiga :
Selanjutnya buatlah "perekat" dari compound untuk menempelkan list pada dinding yang akan dipasang. Sediakan air, bubuk compound, wadah, dan kape. Bubuk compound diletakkan di suatu wadah (biasanya potongan papan gypsum atau potongan tripleks). Dikarenakan compound setelah terkena air cepat mengeras (kurang lebih 10 menit), maka saat pencampuran usahakan agar air yang dicampur sedikit demi sedikit sambil diaduk pelan-pelan.



















Langkah Keempat :
"Perekat" yang sudah jadi selanjutnya dioleskan ke list yang telah dipotong tadi. Oleskan "perekat" tersebut secara merata agar semua bagian list dapat menempel pada dinding dan plafond secara merata.























Langkah Kelima :
Kemudian tempelkan list yang sudah diolesi "perekat" tersebut ke dinding dan plafond yang akan dipasang. Ratakan list tersebut sesuai dengan ukuran tadi (usahakan diberi tanda tempat yang akan ditempel list).









Langkah Keenam :
Setelah list tertempel pada dinding dan plafond, selanjutnya rapikan bagian atas dan bawah list dengan kape karena biasanya pada saat penempelan, ada bekas "perekat" yang keluar. Perapihan dapat dilakukan dengan amplas atau kape.

Pada sambungan list, usahakan agar tidak sampai keliatan. Caranya dengan menambah "perekat" atau membuat motif motif yang seolah-olah list tersebut keliatan sambung-menyambung.










Demikianlah cara-cara pemasangan list cornice/gypsum. Dikarenakan penulis belum begitu menguasai prakteknya, maka bagi yang berminat ingin mempelajari dapat menghubungi Mas Tikno (supervisor) di No. 081381402775 atau Pak Ifan (owner) di 081381604328.

19 komentar:

  1. Terima kasih sangat membantu, gambarnya? bagus kok

    BalasHapus
  2. Oke banget.... Thanks infonya.

    BalasHapus
  3. sangat amat membantu. Jangan selalu mengandalkan tukang. Selain berhemat ini bisa menjadi pelajaran untuk kita.

    BalasHapus
  4. klu blm biasa hasilnya ga max,,tetap kudu yg udah biasa bung,banyak yg jatuh,dempulan ga rapih,,

    BalasHapus
  5. klu di bdg ,kami siap bantu 081 5603 7840 [agus gypsum]

    BalasHapus
  6. Niscaya ilmu yang anda bagi ini senantiasa menjadikan anda sebagai saluran barokah bagi orang lain yang akan kembali lagi kepada anda dalam bentuk rejeki yang berlimpah, trims, ini sangat membantu saya.

    BalasHapus
  7. Saya ucapkan terima kasih karena mau mengunjungi blog kami. Mudah-mudahan kami bisa menampilkan cara mencetak lis lewat visual

    BalasHapus
  8. luar biasa semakin ilmu diberi maka akan semakin banyak yang datang lagi

    BalasHapus
  9. Terimakasih, posting Anda sangat membantu.

    BalasHapus
  10. hmmm trim sy baru aja nyoba sendiri tampa pernah melihat sebelum nya,al hasil lis hancur 3 prekat habis 5kg keburu keras..dinding brantakan..trim akan saya coba smoga sukses

    BalasHapus
  11. @Ridho biasanya kalo untuk pertama kali perlu lihat contoh langsung dari tukang. kalo ridho mau belajar, dapat kami bantu (hubungi Pak Tikno di 081381402775). Insyaallah kami akan ajarin langsung di lapangan. trims telah mampir di blog kami

    BalasHapus
  12. makasih untuk infonya ,karena ada info ini sangat memudahkan untuk pemasangan list gypsum .


    Perumahan Baru Murah

    Perumahan Baru

    Rumah Dijual Jaksel

    BalasHapus
  13. Makasi infonya bro....jadi amal jariyah...amiin

    BalasHapus
  14. wah kebetulan di rumah saya pengem masang gypsum
    tour ke bali

    BalasHapus
  15. perekatnya ada dijual di pasaran ya? apa namanya?

    BalasHapus
  16. Coba pasang sendiri :) , tapi lemnya og gampang mengeras ya mas ?

    BalasHapus
  17. Kantor parahita rencana mau pasang gypsum juga nih mas. katanya kalau yang buatan jawa lebih bagus yah ? bener gak.....

    rencana mau yang bulet di tengah ada lampunya itu. supaya kantor Paket tour ke Bali biar lebih cantik nih.

    BalasHapus