Monday 7 May 2012

TIPS DESAIN DAN INTERIOR RUMAH MINIMALIS




Rumah merupakan tempat tinggal, tempat melepas lelah setelah beraktivitas seharian, dan tempat berkumpulnya keluarga. Bahkan, rumah juga dipakai untuk usaha atau sebutannya rumah toko (ruko). Maka dari itu, tidaklah mengherankan banyak pemilik rumah yang sengaja membuat desain rumahnya seindah dan senyaman mungkin. Seiring dengan perkembangan desain rumah, model rumah saat ini menjadi lebih bervariatif dan trend model rumah saat ini adalah rumah minimalis.

Rumah minimalis merupakan rumah yang mempunyai ciri khas dengan menonjolkan fasad-fasad dengan berbagai bentuk dan warna, serta memiliki garis-garis geometris tegas dengan garis-garis vertikal atau horizontal yang lebih dominan. Selain itu juga, sekat-sekat pembatas antar ruangan pada model rumah ini sangtlah sedikit sehingga ruangan menjadi lebih luas dan terbuka. Untuk interiornya, lebih didominasi furniture yang simpel, multifungsi, dan unik.

Berikut ini beberapa tips dalam mendesain rumah minimalis :

Untuk pemilihan cat interior ruangan, berilah aksen dengan menggunakan permainan dua warna yang sengaja "ditabrakkan" agar tidak terkesan monoton.




Untuk ornamen interior, gunakan yang berbentuk geometris sederhana tanpa profil sehingga berkesan tidak berlebihan, misalnya batu alam ekspos.

Untuk kuzen pintu dan jendela, gunakan kuzen aluminium karena lebih presisi. Jika lebih menyukai kuzen kayu, pilihlah yang berwarna gelap tanpa profil. Sedangkan untuk penutup jendela, pilihlah yang bertipe roller atau basic blind vertikal ataupun horizontal.



Untuk railing tangga dan teralis, pilihlah yang bermotif sederhana tanpa ornamen yang "berat" seperti bunga-bunga atau suluran.




Untuk lampu penerangan, gunakan model downlight, lampu sembunyi, atau lampu gantung yang berbentuk bulat, kotak, atau prisma.




Pemilihan meja dan kursi dengan model yang simpel dan finishingnya memakai warna yang gelap.
Pemilihan sofa dengan model kotak sederhana tanpa terlalu banyak aksen. Sedangkan bantal sofa sebaiknya dipilih warna yang senada dengan sofa.

Tempat tidur dapat menggunakan dipan lurus (gaya Jepang). Bed cover, sarung bantal, dan sprei dipilih yang bercorak sederhana dan kombinasi warna tanpa motif.



Karpet lantai dipilih warna yang solid tanpa motif.
Upayakan agar dalam pemilihan aksesoris interior lainnya seperti lukisan atau hiasan dinding, lebih dibatasi, agar kesan "penuh" dapat ditiadakan.



Untuk ruangan dapur, bentuk yang ideal adalah satu garis lurus atau segitiga, dengan  mengikuti proses memasak, yaitu mulai dari persiapan, penyimpan, dan memasak.



Agar terkesan nuansa alami dan asri pada rumah minimalis, dapat dibuat sebuah taman kecil dengan kombinasi batu alam ekspos, tanaman kecil, dan kolam aktif.


No comments:

Post a Comment