Thursday 26 April 2012

CARA MEMOTONG PAPAN GYPSUM

Saat ini, papan gypsum sudah banyak digunakan orang untuk keperluan properti, misalnya plafond atau partisi. Hal tersebut dikarenakan papan gypsum lebih praktis dalam pemasangannya. Tapi, kadang-kadang dalam memasang plafond atau partisi, seringkali didapat ukuran yang kurang atau lebih dari ukuran standart papan gypsum (1,20m x 2,40m). Hal ini tentunya akan mempersulit pemasangan, apalagi jika pengerjaan tersebut dilakukan sendiri tanpa bantuan ahlinya.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips dalam hal pemotongan papan gypsum yang simpel dan praktis.
Adapun tips-tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Pertama-tama siapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu papan gypsum yang akan dipotong, cutter, pensil, dan penggaris panjang.

2. Kemudian buat ukuran yang diperlukan dengan menggunkan penggaris dan pensil sebagai penanda bagian yang akan dipotong.

3. Selanjutnya letakkan penggaris pada tempat yang sudah dikasih tanda, lalu dengan menggunakan cutter, potong kertas pada papan gypsum pada satu bagian. (gambar 1.1)

4. Selanjutnya potongan papan gypsum yang sudah di-cutter diletakkan pada tempat yang agak tinggi (gambar 1.2)

5. Lalu tekuklah papan gypsum sesuai dengan tempat yang sudah dipotong ke arah belakang (gambar 1.3). Bisa juga dengan mengangkat papan gypsum pada bagian yang sudah terpotong ke atas.

6. Setelah itu, potong bagisn kertas papan gypsum yang satu lagi. Maka papan gypsum sekarang sudah menjadi terpotong sesuai keinginan (gambar 1.4)

Ilustrasinya :

          

















5 comments:

  1. Terimakasih atas bimbingannya. Semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat buat pemula,trmksh

    ReplyDelete
  3. kalau memotong papan grc apakah sama?

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ilmunya mas bro...semoga sukses selalu...

    ReplyDelete